Sudah Syar’ikah Hijab Kita?

Hai Nabi, katakanlah  kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.”
QS Al-Ahzab, 33:59
Gambar

Dari dalil di atas, kita mengetahui bahwa sebagai seorang wanita muslim hendaknya kita menggunakan hijab. Sebenarnya apa sih hijab itu? Hijab berasal dari bahasa Arab yang artinya penghalang atau penutup

[1]. Hijab biasa kita kenal dengan sebutan jilbab atau kerudung, di mana kerudung ini adalah salah satu dari sekian kewajiban untuk para wanita muslimah. Dewasa ini kita telah di bawa ke jaman modern, di mana fashion menjadi salah satu icon dalam kehidupan. Mungkin bisa dibilang dahulu jumlah wanita berhijab masih sedikit. Wanita muslimah banyak yang masih enggan menutup auratnya dengan beberapa alasan. Alasan yang paling umum adalah takut terkesan tua, tidak gaul lagi, sulit mendapat pekerjaan dan masih banyak lagi. Padahal menutup aurat dengan hijab adalah kewajiban, di mana ketika kita tidak melaksanakannya kelak akan mendapat dosa. Masalah ini pada akhirnya menjadi kesempatan bagi banyak orang muslim untuk mengajak saudara-saudara muslim mereka berjalan di jalan kebaikan. Muncullah banyak pedagang yang menjual pakaian muslim, di antaranya adalah hijab. Hijab tersedia dengan segudang variasi, mulai dari model, warna, dan bahan. Hingga harganya pun berkisaran. Inilah yang menjadi perhatian saya, di mana sepertinya hijab tidak lagi digunakan dalam hal kebaikan. Varias-variasi hijab yang ada mengurangi esensi pemakaian dari hijab itu sendiri. Saya banyak menemui pengguna hijab dengan hijabnya yang berbahan ketat, sehingga lekuk tubuh pemakai tetap nampak. Saya juga sering menemui pengguna hijab yang berlebihan sehingga terkesan pamer dan membanggakan diri. Seharusnya, hijab yang dikenakan musti longgar agar lekuk tubuh tidak nampak; bahan yang digunakan harus tebal dan tidak tipis, hal ini mencegah agar semua bentuk tubuh tidak terlihat; menutup semua anggota tubuh kecuali muka dan tangan; berhijablah seperti yang diajarkan syariat bukan mengikuti mode hijab orang-orang kafir; gunakan hijab sederhana jangan sampai berlebihan karena akan terkesan pamer dan membanggakan diri; serta dengan berhijab menunjukkan identitas sebagai seorang muslimah.

[2] Seorang wanita muslim jelas diwajibkan menutup auratnya, akan tetapi mereka ingin tetap tampil cantik dan modis ketika menggunakan hijab tersebut. Bahkan sudah banyak bermunculan komunitas-komunitas hijab di Indonesia yang mengispirasi banyak wanita muslim lainnya. Mereka sering mengadakan event-event yang cukup inspiring. Tidak sedikit wanita yang pada akhirnya menggunakan hijab setelah mengetahui tren-tren hijab seperti sekarang ini. Namun bukan berarti banyak wanita yang menggunakan hijab hanya sekedar ingin meniru gaya berijab masa kini. Dari sinilah mereka dapat menganggap bahwa menggunakan kerudung itu tetap bisa gaul karena tetap dapat modis sesuai syariat islam. Yang menjadi masalah adalah sejauh mana pengetahuan mereka soal hijab yang sesuai syariat? Di mana pada kenyataannya hijab hanya menjadi asesori pakaian yang kurang diambil esensinya. Alangkah baiknya sebagai muslim kita mendukung kegiatan positif muslim yang lain. Apabila ada orang yang berpendapat hijab hanya dijadikan sebuah rias wajah, bagi yang emosi mendengarnya maka bersabarlah. Ingatlah kata-kata ini, “Wahai perempuan-perempuan surga, selimutilah auratmu dengan hijabmu karena itu baik untukmu.”

[3] Semua adalah realita kehidupan, sungguh aneh memang hijab disalah artikan fungsinya walau pada dasarnya fungsinya hanya untuk menutupi aurat. Wanita yang merasa wajib akan berhijab tau akan fungsi dan ketentuan yang sebenarnya. Pro dan kontra sudah pasti ada, semua akan kembali kepada prinsip dan keyakinan pada diri kita.

#Ispirated by Agnesia Anggun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: