Stairway to Heaven Part #01

dsc01177

Semua berawal dari nafs’ saya ketika melihat wanita berjilbab besar pun bercadar. hati saya terasa bergetar. seperti sebuah tanda jatuh cinta. dan perasaan tersebut terjadi setiap kali bertemu dengan perempuan berbalut kain hitam.

Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(Al-Ahzab : 59)

Jatuh cinta saya menggebu. menumbuhkan keingintahuan yang tidak terbendung. saya ingin lebih memahami kemudian menjalani sesuatu yang sebenarnya secara harfiah seharusnya sudah saya pelajari di masa lalu.

Konsep dari hijrah menuju sunnah dan surga-NYA sebenarnya sama saja. perbedaan terletak pada kemampuan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

kalian akan menemukan yang penyabar namun tidak murah senyum. atau yang supel namun mudah menyimpan dendam. konsepnya sama namun step nya yang berbeda.

berdasarkan pengalaman, saya ingin membagikan step pertama yang telah saya lakukan untuk menemukan diri saya hingga hari ini.

  1. Niat

Keingintahuan yang kuat membuat saya semakin jatuh cinta dan berusaha keras mencari jalan menuju tangga surga. tanpa ada niat rasanya sulit untuk menemukan cahaya dalam gelap. karna tidak akan ada tujuan mendapatkan penerangan ketika kita hanya pasrah terhadap keaadaan yang seharusnya bisa kita ubah.

  1. Lingkungan

Kalian akan menjadi wangi jika bergaul dengan tukang minyak dan akan berbau asap jika berteman dengan tukang las. Lingkungan menentukan kesungguhan kita terhadap niat. saya pribadi memulainya dengan melibatkan diri dalam beberapa kajian islam dan kegiatan sosial. Energi positif secara tidak langsung telah mengalir melalui mata, telinga kemudian menuju hati.

  1. Sedekah

Pastikan isi lemari telah terkosongkan kan jilbab tipis yang tidak memenuhi perintah Al-qur’an yang menutup dada dan berbahan tidak nerawang atau membentuk lekuk tubuh. sisihkan sebagian uang bulanan untuk membeli gamis set. tidak masalah jika di bulan-bulan pertama lemari hanya terisi dengan 2 sampai 3 gamis. teringat pada kisah salah satu motivator indonesia bahwa baju beliau hanya ada 10 pasang, Setiap hendak membeli baru dia akan menyumbangkan sejumlah baju sesuai dengan jumlah baju baru yang dia beli sehingga baju yang dia miliki tetap 10 pasang. kalau bisa sederhana seperti itu kenapa harus dibiarkan rumit.

  1. Belajar

Lanjutkan dengan terus mempelajari dan memahami lebih dalam tentang hakikat kehidupan. siapkan mental menghadapi sebagian orang sekitar yang akan sedikit banyak mempengaruhi keputusan kita menuju sunnah dan Al-qur’an sepenuhnya. Filter setiap saran dan komentar yang masuk dengan baik.

Step diatas adalah langkah awal berhijrah ala @ziezoya (please follow this instagram). Bagi setiap dari kalian yang ingin mulai menapaki arah tangga surga bersama monggo di aplikasikan. mungkin tujuan kita semua sama ingin menjadi lebih baik namun sebagian ada yang ragu untuk memulai, tidak tahu memulai dari mana, atau bahkan sama sekali tidak mengerti esensi nya.

Bagi saya pribadi memulai hijrah dari perubahan fisik adalah langkah awal yang manjur untuk berikutnya memperbaiki ibadah dan hati. So, jika ada yang berkata jilbabi hati dulu baru fisik itu salah besar. Menutup aurat adalah kewajiban sebagai seorang muslimah, sementara memperbaiki hati-membaikkan akhlak adalah dua hal yang berbeda.

Jangan menunggu Allah menjilbabi kita dengan istidraj atau bahkan kain kafan baru kita menyesal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: