bandungan

Pentingnya rekreasi keluarga harus dibahas, karena perannya dalam kesuksesan dan motivasi begitu besar. Meraih sukses bukan hanya dengan modal, ilmu, dan skill saja, namun kondisi mental Anda sangat menentukan.

Yang pertama, pernahkah Anda mengalami kejenuhan, motivasi yang lemah, dan pikiran buntu? Kata orang, itu namanya kurang piknik alias kurang rekreasi. Apa yang terjadi jika mental kita dikuasai oleh kejenuhan, malas dam sulit berpikir?

Anda akan mudah stress, tidak bisa memikirkan ide-ide segar untuk bisnis Anda, tidak bisa menghasilkan ide brilian untuk mengatasi masalah, tidak bersemangat, dan sebagainya. Jika ini terus terjadi, kinerja Anda akan terus menurun. Ini jelas bahaya untuk keberhasilan Anda.

Yang kedua, yang tidak kalah penting, rekreasi keluarga itu bisa menjadi cara Anda menikmati dan merayakan atau mensyukuri keberhasilan-keberhasilan yang selama ini Anda raih.

Yang ketiga, untuk siapa Anda berkerja keras? Mungkin uang banyak, tetapi kebersamaan Anda bersama keluarga begitu minim. Ironis bukan, Anda bekerja keras demi keluarga tetapi jarang bersama dengan keluarga akibat kesibukan Anda.

Manfaat Rekreasi Keluarga Untuk Keberhasilan Anda

Ada banyak manfaat rekreasi keluarga untuk keberhasilan Anda.

  • Pada intinya adalah untuk menyegarkah ruhiah Anda yang akan berdampak pada penyegaran pikiran dan mental Anda. Penyegaran bisa mengembalikan pikiran dan emosi kita kepada fungsi semestinya, sehingga bisa lebih optimal. Anda akan kembali cerdas dan kreatif serta memiliki semangat tinggi lagi.
  • Menjaga dan mempererat bersama orang-orang yang Anda cintai. Ini adalah sumber energi yang luar biasa. Lihat senyum mereka, bukankah ini suntikan motivasi yang sangat besar bagi Anda?
  • Quality Time bersama keluarga. Mungkin selama ini kita sering bertemu keluara dalam rutinitas sehari-hari, waktu terlewat begitu saja tanpa kesan dan perasaan dalam. Artinya kurang berkualitas. Jadikan rekereasi keluarga sebagai sarana menjalani quality time.
  • Sarana edukasi bagi keluarga. Anda bisa mendidik keluarga dengan cara menyenangkan. Melihat alam bisa menjadi alat tadabur alam melihat dan merasakan kebesaran Allah. Bisa juga dengan cara berwisata ke tempat yang edukatif.
  • Meningkatkan kesehatan. Dengan pikiran yang segar, stress berkurang, dan perasaan bahagia sudah banyak terbukti memperbaiki tingkat kesehatan.
  • dan manfaat-manfaat lainnya

Jika dihitung dalam rupiah, berapa nilai dari manfaat rekreasi keluarga? Tidak ternilai. Untuk itu jangan pelit untuk rekreasi keluarga. Ya, memang akan mengeluarkan anggaran. Anda harus menyisihkan sebagian penghasilan untuk rekreasi. Semampunya, yang penting jangan sampai tidak atau jarang sekali.

Cara-cara Rekreasi Keluarga

Sebenarnya ada banyak cara melakukan rekreasi keluarga. Tidak selamanya mahal, ada yang murah, ada yang memerlukan biaya, dan bahkan ada yang gratis. Tapi jangan karena ada yang gratis, terus milih yang gratisan melulu, nanti bosa juga.

Jika Anda mampu, mungkin setahun sekali bisa rekreasi keluarga yang berbeda. Misalnya, jika Anda tinggal di luar Bandung, Anda bisa mengalokasikan waktu atau memanfaatkan liburan untuk berlibur di Lembang Bandung. Atau jika anda berada di jawa timur anda bisa mencoba berbagai spot keren di kota Malang. Ada banyak penginapan di sana yang bisa Anda gunakan untuk keluarga, lokasinya dekat dengan tempat wisata baik wisata alam dan kuliner.

Ya, memang membutuhkan biaya agak besar, tetapi kalau Anda merencakan dengan cermat mungkin tidak akan menjadi masalah. Tapi kalau memang tidak sanggup, jangan memaksakan diri. Masih ada pilihan rekreasi yang lebih murah. Jangan sampai, setelah rekreasi Anda malah bangkrut, he he.

Untuk sebagian keluarga, mungkin wisata ke Malang tidaklah terlalu mahal. Bahkan jauh lebih murah dibandingkan ke luar negeri seperti ke Eropa. Tingkat ekonomi setiap orang berbeda, disesuaikan saja.

Anda juga bisa merekreasi memilih tempat rekreasi di kota terdekat Anda. Tujuannya dengan biaya yang lebih murah tetapi bisa tetap melakukan rekreasi. Mungkin ada kolam renang, kebun binatan, taman bermain, dan sebagainya yang tidak terlalu mahal atau bahkan gratis.

Hal sederhana yang sering saya lakukan (tidak terlalu sering sih) adalah makan di luar bersama keluarga. Kita bisa memilih rumah makan atau restoran yang tidak terlalu mahal tetapi jangan juga yang biasa. Sesuaikan dengan kemampuan. Tapi jangan yang biasa atau murah karena kurang memberikan efek kesenangannya. Sekali lagi, sesuaikan dengan kemampuan saja.

Satu lagi yang cukup edukatif dan meningkatkan minat baca adalah berburu buku di toko buku ternama. Anggarannya sesuaikan saja. Kalau anggaran lagi sempit, saya suka membatasi anak-anak cukup membeli 1 atau 2 buku, termasuk saya.

Ada banyak cara rekreasi yang bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan Anda. Bahkan, sekedar mengunjungi dan main di taman terdekat juga bisa dilakukan. Setelahnya makan bersama di rumah makan biasa pun sudah menjadi sebuah rekreasi yang menyenangkan. Kadang, rekreasi murah, dengan pengemasan kreatif bisa menyenangkan.

Hati-hati

Kita sudah membahas tentang pentingnya rekreasi keluarga. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan.

  1. Jangan boros, sesuaikan dengan kemampuan kita.
  2. Jangan menjadi hedonis, kebanyakan rekreasi hanya untuk bersenang-senang, sehingga melupakan ikhtiar bahkan melupakan akhirat.
  3. Hindari rekreasi yang menimbulkan dosa tentunya. Misalnya ke tempat maksiat atau menjadikan kita meninggalkan ibadah.

Ibadah-ibadah memang akan menyegarkan, menentramkan, dan membuat hati kita tenang. Namun bukan alasan kita tidak berekreasi. Ibadah terus, rekreasi seperlunya.

Penutup

Jangan lupakan rekreasi keluarga, karena sangat bermanfaat untuk kesehatan ruhiah dan fisik kita. Jangan pelit untuk rekreasi karena jauh lebih murah dibandingkan biaya pengobatan atau masalah yang akan timbul jika kurang piknik. Namun juga jangan berlebihan sehingga menjadi boros.

Lakukan rekreasi atau rihlah secukupnya. Tidak kurang juga tidak berlebihan.

Semoga artikel tentang pentingnya rekreasi keluarga ini bermanfaat untuk Anda.

 

Sumber : Motivasi-Islami

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s