Kabar serangan ransomware yang terjadi di Indonesia mendadak viral. Akibat serangan ini, seluruh pengguna komputer khususnya para karyawan perusahaan diminta untuk waspada dan melakukan beberapa langkah pencegahan sebelum menyalakan komputer hari ini. Namun kali ini kita tak membahas virus WannaCry yang sedang ramai dibicarakan, tetapi virus yang Anda tularkan setiap harinya.

Tahukah Anda, sebagai pemimpin, setiap hari Anda menularkan virus kepada bawahan-bawahan Anda? Karena karyawan sangat memperhatikan emosi pemimpin mereka, para pemimpin dapat sangat mempengaruhi suasana hati, sikap, dan kinerja tim Anda melalui penularan emosional.

Jika Anda fokus untuk menjadi faktor positif dalam tim Anda, produktivitas mereka akan meningkat. Bila Anda mencari hal baik mengenai sesuatu dan seseorang, Anda pun akan menemukan lebih banyak hal baik tentang mereka. Inilah yang dinamakan kekuatan menjadi positif.

Dengan semua beban dan kekhawatiran hari ini, bersikap positif mungkin tidak terdengar semudah itu. Namun, sebagai pemimpin, bukankah menghadapi tantangan sudah menjadi pekerjaan sehari-hari Anda? Ingatlah bahwa bagaimana Anda menghadapi tantangan mempengaruhi bagaimana aura tim dalam perusahaan. Sikap Anda tak hanya mempengaruhi perasaan baik atau buruk dalam diri Anda, tetapi juga mempengaruhi tim Anda. Karena itu, cobalah untuk mencari hal positif dalam setiap situasi.

Mungkin Anda dapat mencoba beberapa cara berikut untuk melihat hal positif dalam tiap situasi:

1. Latihlah pemikiran Anda, berhentilah untuk terlalu keras terhadap diri sendiri dan lihatlah segalanya dari segi positif.
2. Ingatlah bahwa tak ada seorangpun yang sempurna. Hidup tergantung bagaimana persepsi Anda, jangan habiskan waktu untuk memikirkan bagaimana Anda bisa melakukan kesalahan-kesalahan yang telah terjadi. Kesalahan terjadi untuk dipelajari, bukan untuk disesali setiap waktu.
3. Berterima kasihlah. Sibuk memikirkan ambisi dalam bisnis, terkadang menjadikan kita tidak merasa bersyukur atas apa yang telah terjadi. Lihatlah sekeliling, keadaan mungkin bisa lebih buruk lagi namun beruntung Anda tidak mengalami hingga seburuk itu, bukan?
4. Kendalikan respon Anda. Mengengendalikan respon sangat penting dalam tiap situasi terutama situasi buruk. Tarik napas panjang dan hitung sampai sepuluh untuk menenangkan pikiran. menenangkan pikiran Anda dapat membuat Anda berpikir lebih jernih sehingga Anda dapat mengambil pilihan dan keputusan yang baik dan benar.

Setiap hari, Anda menyebarkan virus lewat kepemimpinan Anda. Namun Anda dapat memutuskan apakah virus yang Anda sebarkan itu positif atau negatif.

 

Source : http://shiftindonesia.com

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s