Semakin sering membaca membuat jalan kehidupan menemukan saya pada salah satu sosok yang cukup membuat saya terkagum. Jika pada masa Rasulullah kesederhanaan beliau menjadi teladan kali ini saya coba menggabungkan dua sosok tersebut, yakni teladan kesederhanaan Rasulullah dan Fumio Sasaki. Ini bukan berarti membandingkan keduanya. Saya mencoba belajar dari kedua sosok tersebut. Manusia yang dimuliakan Tuhan dan seorang yang hidup pada zaman serba digital ini.

Gak perlu lagi menanyakan apa yang bisa diteladani dari Rasulullah karena semua yang beliau lakukan pasti menjadi pahala jika kita mampu melaksanakannya. Tapi kali ini saya hanya ingin membahas tentang kesederhanaan beliau baik dari sudut pandang kasat mata maupun mata hati.

Mulai mengikuti jejak Fumio Sasaki untuk menjadi pribadi yang lebih minimalis dalam memiliki barang apapun. Membeli hanya untuk yang dibutuhkan sehingga diri tak lagi terbebani untuk merawat barang-barang yang dimiliki meski tak memenuhi kriteria bermanfaat dalam penggunaan sehari-hari.

Ketika mampu menerapkan metode Fumio akan gaya hidup minimalis maka saya mulai mengarahkan bagaimana mengolah emosi menjadi sederhana layaknya Rasulullah. Sederhana yang saya maksud disini adalah memiliki kerendahan hati yang seluas samudra. Menerima setiap nasehat dengan tersenyum dan merenungkan nya dan menjaga bagaimana hati tidak mudah tersinggung. Intinya mengatur ego.

Mudah? Tidak, banyak hal yang harus dilakukan. Ada harga mahal yang harus dikorbankan. Namun menjadi pribadi yang rendah hati, tidak akan mengurangi apapun yang telah dimiliki namun justeru menambah banyak hal hingga menjadi luas dan dalam layaknya lautan.

Subscribe YouTube ziezoya untuk banyak sharing tentang berbagai hal lainnya.

Thank you semoga bermanfaat.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s